Dalam buku Child Development oleh B Elizabeth Hurlock pada tahun 1978, penelitian tentang anak
pada mulanya dipusatkan pada bidang spesifik perilaku anak, misalnya
bicara, emosi atau minat bermain, dan kegiatan. Nama yang diberikan
untuk cabang penelitian psikologi yang baru ini adalah psikologi anak.
Psikologi anak menunjukkan perhatian yang dipusatkan pada fenomena
psikologis dari usia prasekolah dan usia sekolah anak.
Kemudian, diketahui bahwa mempelajari berbagai bidang perilaku anak
pada berbagai tahapan usia tidaklah cukup. Hal ini tidak akan
menambahkan pemahaman kita mengenai bagaimana pembahasan karakteristik
perilaku sejalan dengan pertumbuhan anak dan apa saja yang menyebabkan perubahan itu.
Hingga kemudian “psikologi anak” berubah dan berkembang menjadi
“perkembangan anak”, hal ini untuk menekankan bahwa pusat perhatian
sekarang diarahkan pada pola perkembangan anak dari pada aspek
perkembangan tertentu.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar