Jumat, 14 September 2012

Empat Hal Yang Membedakan Perkembangan Anak dan Psikologi Anak

Seperti yang kita ketahui, makna psikologi dan perkembangan itu sangat berbeda, menurut KBBI ( Kamus Besar Bahasa Indonesia ) psikologi adalah ilmu yang berkaitan dengan proses mental, baik normal maupun abnormal dan pengaruhnya pada perilaku; ilmu pengetahuan tentang gejala dan kegiatan jiwa.

Sedangkan perkembangan menurut KBBI ( Kamus Besar Bahasa Indonesia ) adalah perihal berkembang.

Berikut adalah beberapa perbedaan antar perkembangan anak dan psikologi anak :

Pertama,
Psikologi anak lebih menitikberatkan pada isi atau hasil dari perkembangan anak, sedangkan perkembangan anak lebih kepada proses dari hal tersebut.

Kedua,
Psikologi anak kurang menekankan pada pengalaman dan peran lingkungan, sedangkan perkembangan anak lebih menekankan pada dua hal tersebut.
Ketiga,
Psikologi anak mempunyai satu tujuan utama yaitu mempelajari bidang perilaku anak yang berbeda dari anak yang satu dengan anak yang lainnya, sedangkan perkembangan anak mempunyai beberapa tujuan, yaitu menemukan perubahan karakteristik setiap usia dalam berpenampilan, perilaku, minat, dan tujuan dari suatu periode perkembangan ke periode yang lain.

Keempat,
Sebagai ganti penekenanan pada usia prasekolah dan usia sekolah anak-anak, yang dilakukan pada penelitian awal dari psikolog anak, para psikolog perkembangan anak telah memperluas bidang studinya ke dua arah, dari bayi yang baru lahir hingga anak usia puber. Pengaruh ligkungan pralahir yang menetap pada seorang anak, perkembangan anak sekarang mundur sampai ke saat konsepsi.  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar