Sabtu, 15 September 2012

Perkembangan Bahasa Anak

Pada masa anak-anak, selain perubahan fisik, gerak refleks, dan lainnya, ada juga masa yang paling ditunggu oleh setiap orang tua. Yaitu masa dimana seorang anak sedang belajar berbicara. Anak-anak yang biasa pertama kali ucapkan adalah huruf vokal 'a','i','u','e','o'.

Dalam masa ini sang anak merekam segala percakapan yang didengar olehnya. Dengan memiliki sifat yang penasaran, anak ingin mencoba mengucapkan hal yang sama, tetapi dengan keterbatasan awal, yaitu belum cukup mahir dalam mengucapkan kata-kata karena diakibatkan sang anak belum cukup dalam masa pencapaian perkembangan yang sesuai.

Sehingga kata-kata yang diucapkan oleh sang anak hanya terdengar huruf vokalnya saja.
Perkembangan bahasa anak usia dini terbagi ke dalam beberapa tahap, yaitu:
  • Periode prelingual, usia anak 0-1 thn, ciri utama adalah anak mengoceh untuk dapat berkomunikasi dengan orang tua, anak masih bersifat pasif saat menerima stimulus dari luar tapi anak akan menerima respon yang berbeda. Contoh: bayi akan senyum kepada orang yang dikenalnya dan menangis kepada orang yang tidak dikenal dan ditakutinya.

  • Periode Lingual, usia antara 1-2,5 tahun, dalam taha ini anak sudah mampu membuat sebuah kalimat, satu atau dua kata dalam percakapannya dengan orang lain.

  • Periode Diferensiasi, usia anak 2,5 - 5 thn, anak sudah memiliki kemampuan bahasa sesuai dengan peraturan tata bahasa yang baik dan benar. Permbendaharaan katanya sudang berkembang secara baik dilihat dari segi kuantitas dan kualitas.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar